Hallo ,, welcome to Apuny-ngo Blog ,,

You Can Shine .. BenAHHHhhh

Jenis-Jenis Layanan Internet

Senin, 08 Maret 2010

Manfaat dan Layanan Internet

 

Hai teman-teman ,, disini kami akan memberi materi tentang manfaat dan layanan internet. Mari kita ketahui.

Eitt,, tapi sebelumnya, kami akan menjelaskan apa itu internet ??. Berikut Penjelasannya.

Internet adalah Kumpulan komputer yang terhubung satu dengan lainnya dalam sebuah jaringan. Internet singkatan dari Interconnected Network. Ada dua peranan ineternet :

1. Sebagai sumber data dan informasi

2. Sebagai sarana pertukaran data dan informasi

Diatas adalah penjelasan singkat mengenai Internet. Dan sekarang kami akan menjelaskan Layanan Internet secara singkat pula.

Sekarang ini, layanan internet sudah banyak. Layanan Internet ini digunakan dalam berbagai bidang, seperti : Akademik, Militer, Medis, Media, Periklanan dan lain-lain.

Dari sekian layanan internet, yang paling banayak dikenal dan digunakan antara lain : World Wide Web (WWW), E-mail, Mailing List, file transfer protocol, telnet, usernet, internet banking, e-lerning, internet relay chat, wais server, internet phone, Gopher, Ping, dan lain-lain.

 

1. World Wide Web (WWW)

Merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan. Dokumen WEB tersebut dibuat dengan menggunakan format Hypertext

2. Email (electronik mail)

Layanan email merupakan layanan yang memungkinan Anda mengirimkan surat elektronik melalui internet. Layanan ini ditangani oleh SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)

3. IRC (Internet Relay Chat)

IRC anda gunakan ketika melakukan chatting lewat Internet. Dengan IRC Anda bisa bercakap-cakap dengan teman Anda yang berada di tempat yang jauh

4. FTP (File Transfer Protocol)

Melalui FTP, Anda bisa mengirimkan file-file Anda ke komputer yang sangat juh lewat Internet. Anda bisa juga mengambil file-file dari komputer yang jauh tersebut

5. TELNET (Remote Login)

Telnet digunakan sebagai mekanisme untuk memasuki komputer lain sebagai pengguna. Ketika Anda melakukan telnet ke komputer lain. Anda sebenernya telah memasuki sistem komputer tersebut sebagai penggunaan resmi.

6. USERNET

Usernet merupakan layanan berupa pengiriman email ke suatu grup diskusi yang memiliki topik diskusi tertentu.

7. Mailing List

Mailing list adalah aplikasi internet yang di gunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi melalui e-mail. Fasilitas ini digunakan oleh kelompok-kelompok untuk bertukar informasi dan berdiskusi.

 

 

8. Gopher

Gopher adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet. Untuk mendapatkan informasi melalui gopher, kita harus menghubungkan diri dengan gopher server yang ada di internet.

9. E-Banking

Electronic Banking (e-banking) merupakan suatu aktifitas layanan perbankan yang menggabungkan antara sistem informasi dan teknologi, e-banking meliputi phone banking, mobile banking, dan internet banking. Fungsi penggunaannya mirip dengan mesin ATM dimana sarananya saja yang berbeda, seorang nasabah dapat melakukan aktifitas pengecekan saldo rekening, transfer dana antar rekening atau antar bank, hingga pembayaran tagihan-tagihan rutin bulanan seperti: listrik, telepon, kartu kredit, dll. Dengan memanfaatkan e-banking banyak keuntungan yang akan diperoleh nasabah terutama apabila dilihat dari banyaknya waktu dan tenaga yang dapat dihemat karena e-banking jelas bebas antrian dan dapat dilakukan dari mana saja sepanjang nasabah memiliki sarana pendukung untuk melakukan layanan e-banking tersebut.

10. E-Learning

layanan integrasi e-Learning adalah layanan yang memungkinkan pelanggan korporasi untuk menyelenggarakan pelatihan untuk karyawannya dengan efektivitas biaya, waktu, dan ruang yang lebih tinggi daripada penyelenggaraan pelatihan konvensional.

e-Learning memberikan Reporting dan assessment yang lebih objektif kepada manajemen perusahaan dibandingkan dengan training konvensional.

Biaya e-Learning Lintasarta yang dikeluarkan oleh perusahaan akan lebih rendah jika dibandingkan memilih layanan pembuatan e-learning content dari content development provider.

e-Learning memiliki banyak pilihan customizing dalam pemilihan judul course yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang bergantung pada kebutuhan kompetensi setiap unit kerja yang variatif

11. Internet Phone/Conference

Fasilitas untuk melakukan percakapan jarak jauh via INTERNET. Untuk itu diperlukan aplikasi khusus dan dukungan hardware multi media.

12. WAIS Server

WAIS (Wide Area Information Service) menyediakan cara lain untuk menemukan informasi yang tersebar dalam INTERNET. WAIS mampu mengakses segala database yang besar (seperti dokumen, file berisi gambar, video dan suara).

 

 

1. Jelaskan manfaat layanan internet!

Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet. Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet:

(1) Informasi untuk kehidupan pribadi : kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial.

(2) Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja : sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.

Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu.

Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya para profesional Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia.

2. Kelompokkan layanan internet sesuai dengan kontentnya!

Pemerintah : www.depdiknas.go.com

Umum : www.yahoo.com

Organisasi : www.wikipedia.org.com

Pendidikan : www.bundahatikudus.com

3. Sebutkan beberapa situs dengan layanan yg di sediakan!

Browsing : www.google.com, www.windowslive.com, www.yahoo.com

OnLine Game : www.games.com, www.ragnarok.co.id, www.xtremetop100.com

E-Mail : www.live.com, www.hotmail.com, www.yahoo.com

E-Learning : elearning.gunadarma.ac.id, elearning.unila.ac.

Sumber : Buku Erlangga Kelas IX SMP. Dan http://paulusmufc08.wordpress.com/

 

 

Manfaat Internet Sebagai Media Pendidikan

 

Teknologi internet hadir sebagai media yang multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara masal, yang dikenal one to many communication (misalnya mailing list). Internet juga mampu hadir secara real time audio visual seperti pada metoda konvensional dengan adanya aplikasi teleconference.

Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu

a. sebagai media interpersonal dan massa;

b. bersifat interaktif,

c. memungkinkan komunikasi secara sinkron maupun asinkron.

Karakteristik ini memungkinkan pelajar melakukan komunikasi dengan sumber ilmu secara lebih luas bila dibandingkan dengan hanya menggunakan media konvensional.

Teknologi internet menunjang pelajar yang mengalami keterbatasan ruang dan waktu untuk tetap dapat menikmati pendidikan. Metoda talk dan chalk, ”nyantri”, ”usrah” dapat dimodifikasi dalam bentuk komunikasi melalui e-mail, mailing list, dan chatting. Mailing list dapat dianalogikan dengan ”usrah”, dimana pakar akan berdiskusi bersama anggota mailing list. Metoda ini mampu menghilangkan jarak antara pakar dengan pelajar. Suasana yang hangat dan nonformal pada mailing list ternyata menjadi cara pembelajaran yang efektif seperti pada metoda ”usrah”.

Berikut adalah beberapa manfaat penggunaan teknologi informasi :

•arus informasi tetap mengalir setiap waktu tanpa ada batasan waktu dan tempat;

•kemudahan mendapatkan resource yang lengkap,

•aktifitas pembelajaran pelajar meningkat,

•daya tampung meningkat,

•adanya standardisasi pembelajaran,

•meningkatkan learning outcomes baik kuantitas/kualitas.

Tetapi dibalik manfaat juga ada keburukannya seperti :

• Banyak situs-situs yang tidak layak di liat anak-anak

• Anak-anak dapat menjadi nakal karena terbawa oleh yang lain

• Tingkah laku naak tidak terpantau oleh orang tua

 

Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa internet bukanlah pengganti sistem pendidikan. Kehadiran internet lebih bersifat suplementer dan pelengkap. Metoda konvensional tetap diperlukan, hanya saja dapat dimodifikasi ke bentuk lain. Metoda talk dan chalk dimodifikasi menjadi online  conference. Metoda ”nyantri” dan ”usrah” mengalami modifikasi menjadi diskusi melalui mailing list. Dan sekaran pun sudah banyak beredar di masyarakat media-media layanan internet untuk berkomunaikasi dengan orang lain yang sngat jauh seperti facebook, friendster,twitter,yahoo masanger dll yang memungkinkan para anak atau siswa untuk saling tukar informasi.

 

sumber http://yudipurnawan.wordpress.com/2007/11/17/manfaat-internet-sebagai-media-pendidikan/

(dan di resensi oleh Arif).

 

Manfaat Internet Untuk Bisnis

Manfaat internet sangat tergantung pada produk dan jasa yang akan ditawarkan. Produk yang satu memanfaatkan Internet secara berbeda dengan produk yang lainnya. Tipe atau jenis usaha pun akan turut mempengaruhi cara orang memanfaatkan Internet sebagai sarana bisnisnya, apakah dia seseorang pemasok, distributor atau seorang pengecer.

Berikut ini adalah contoh pemanfaatan dan manfaat Internet sebagai media bisnis:

Menciptakan basis bagi klien atau pelanggan

Untuk mendapatkan klien atau pelanggan baru dan menciptakan basis klien tidak selalu dapat diperoleh dengan mudah. Perjuangan untuk memperoleh pelanggan harus melalui berbagai usaha termasuk menganalisa pasar secara hati-hati, pemasaran produk dan mempunyai uji coba basis pelanggan. Internet merupakan salah satu alternatif wadah yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat untuk basis pertemuan jutaan orang di seluruh dunia. Dengan demikian untuk mendapatkan pelanggan baru lebih mudah dengan adanya kelompok yang besar di Iternet tersebut.

Analisa produk dan pasar

Internet dapat dijadikan tempat yang baik utuk melakukan riset pemasaran karena produsen atau perusahaan dapat langsung berhadapan dengan pelangganya. Analisa pasar akan membantu perusahaan untuk mendapatkan ide dalam pengembangan produk baru yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan. Setelah produk itu diluncurkan maka perusahaan pun dapat memperoleh umpan balik sebesar tingkat kepuasan konsumen terhadap produk baru tersebut. Selain itu perusahaan juga dapat mempelajari produk pesaing dengan menelusurinya di Internet. Pemakai Internet dapat memanfaatkan informasi yang ada untuk melakukan analisa produk dan persaingannya. Hal ini sangat mempengaruhi munculnya lowongan untuk cari ide-ide baru!

Nasehat dan bantuan pakar di bidangnya

Tidak sedikit pakar yang ada di Internet yang mempublikasikan karya-karya mereka untuk diketahui mereka untuk diketahui secara umum dan mudah diakses. Sangat sering pula kita memperoleh nasehat dan bantuan secara gratis dari para pakar tersebut tentang masalah yang kita hadapi. Jika kita membandingkannya dengan mendapatkan nasihat dari konsultan, maka kita harus membayar dengan harga sangat mahal.

Rekruitmen tenaga kerja dan penyedian lowongan kerja

Sekarang ini rekruitmen tenaga kerja melalui Internet semakin digemari oleh perusahaan-perusahaan. Di Internet terdapat banyak sekali daftar  lowongan kerja dan bahkan juga pelamar pun sering pula mempromosikan dirinya melalui Internet. Sehingga dengan begitu antara yang membutuhkan

tenaga kerja dan pencari pekerjaan dapat saling bertemu di Internet.   Riwayat hidup tidak hanya dapat ditampilkan menggunakan web tetapi fasilitasnya juga ada di Internet seperti newsgroup atau usenet.

 

Akses informasi dan penyebaran informasi

Mempublikasikan berita melalui internet dapat tersebar luas melebihi media lainnya. Dalam hal akses informasi, melalui internet pun jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan fax atau pos. Kita semua dapat  mengakses informasi dan menyebarkan informasi dari dan ke penjuru dunia dan juga dapat membuat hubungan secara interaktif dan langsung melalui komputer. Kontak secara interaktif tersebut akan menarik dengan adanya penggunaan chat dan video conferencing. Akses dan penyebaran informasi melalui Internet dapat terjadi secara murah dan dapat langsung diakses melalui jarak yang jauh.

Komunikasi yang cepat dan pengiriman dokumen dengan  biaya murah

Berbagai fasilitas yang ada di internet telah banyak membuktikan mampu  mempercepat komunikasi dengan orang yang dituju. E-mail adalah salah satu contoh yang telah banyak dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mengirim dan menerima dokumen. Chat atau video conferencing juga mempercepat komunikasi yang dilakukan di internet. Internet dapat juga digunakan untuk mentransfer dokumen secara online dalam waktu yang singkat. Seringkali ditemukan keterlambatan atau gagal sampai ke tujuan dalam pengantaran dokumen melalui jasa pengantar seperti pos atau perusahaan jasa lainnya.

Peluang bisnis baru

Banyak yang secara terus menerus memanfaatkan Internet untuk mencari ide-ide inovatif dan baru. Pemakai Internet sering memperoleh ide baru tidak hanya disebabkan oleh kebiasaan penelitiannya di Internet tetapi juga ada nya suasana kooperatif di antara pemakai internet. Internet sering pula

dijadikan forum komunikasi di antara para peminat di bidang masing-masing.

Dari forum-forum komunikasi tersebut sering pula menimbulkan ide produk yang baru dan inovatif.  Banyak fasilitas aplikasi yang tersedia di Internet di antaranya FTP, gopher, usenet, telnet, WWW. Dari berbagai fasilitas ada, WWW merupakan aplikasi yang paling banyak dipakai para pemakai individual maupun profesiona atau bisnis. Jadi dari internet kita dapat mencari pekerjaan lebih mudah karena di internet banyak informasi-informasi tentang lowongan kerja cara mencarinya pun mudah tingal ktik pekerjaan yang kita suka di search engine dngan begitu seach engine akan menampilkan informasi-informasi yang terdetek.

Sumber http://go-kerja.com/manfaat-internet-untuk-bisnis/

 

 

 

 

 

 

Nah itu semua hasil pencarian kami dan rangkuman kami teman-teman.

 

Terimakasih.

 

0 komentar: